Rabu, 11 Juli 2012

Sekilas tentang ACUL


teman-teman disini tentunya merasa asing dengan kata Acul? Apakah kata Acul itu?
Berawal dari pengalaman gue ketika baru pertama kali menjajaki depok dan menyandang status maba, gue merasa culun dan nggak ngerti apa-apa. tragedi nyasar sambil celingak-celinguk tentu jadi makanan sehari-hari gue saat itu dan gue sering nyeritain pengalaman nyasar ke temen-temen gue dan gue menyebut diri gue sebagai ACUL (Anak Culun)
jadi pertanyaan gue di atas itu sebenernya salah. Acul itu bukan apa, tapi siapa.
Mungkin Acul itu kurang lebih sama derajatnya dengan cupu, tapi mengingat kata mampus yang terkandung dalam kata cupu, gue mutusin buat mengganti kata cupu dengan acul. karena nggak semuanya anak culun itu mampus, Anak culun bisa survive! asal punya niat.
Nah, tumblrists! di bawah ini gue bakal ngejelasin ciri-ciri anak culun jaman sekarang
Mungkin kalo orang cupu tuh terkenal dengan ciri-ciri klasiknya, seperti:
1. Rambut Kepang Dua (kalo cewek) kalo cowok cukup rambut belah dua.
yang mana jaman sekarang rambut belah dua udah mulai melejit dan beredar di pasaran.
2. Bajunya dikancingin sampe atas
3. Suka bawa buku tebel
4. Pake kacamata dan kacamatanya tebel banget karena hobi baca
5. Selalu ditindas. Biasanya kalo di sinetron suka ditindas sama geng cowok atau cewek gaul yang posesif sama pasangannya.
6. Tempat penindasan orang cupu biasanya di toilet
7. Kesayangan dosen/guru
8. bajunya suka ga matching
9. pake behel karena perlu, bukan buat gaya2an (additional)
10. Di atas kepalanya suka ada simbol tanda tanya yang nggak keliatan dengan mata biasa.
Tapi kalo Acul beda dengan anak cupu. Acul tuh lebih modern dan punya ciri-ciri yang beda dengan anak cupu, yaitu:
1. Suka telat info
2. Suka sotoy
3. Suka nanya sendiri jawab sendiri (yang mana itu gue bangeudd)
4. Labil
5. Nyasar is acul’s middle name
6. Suka sendirian dan parahnya nyasar sendirian
7. Suka keukeuh ato bahasa indonesianya teguh sama pendiriannya. bener atau salah nggak papa. yang penting udah nyoba.
8. Suka nanya ke dosen/ guru. Caper, pengen keliatan pinter.
9. Suka baca buku tebel. kalo anak cupu biasanya baca buku tebel karena tuntutan hobi dan pelarian dari aktivitas sosialnya yang kurang berhasil, acul baca buku karena tuntutan pengen keliatan pinter (lagi-lagi)
10. Suka sok sibuk, padahal nganggur
11. tampangnya suka ngga dikontrol. sesuai perasaan.
12. Masalah fashion nggak jadi masalah. Acul selalu merasa PD menjadi dirinya sendiri (merujuk pada pernyataan no.7)
13. Biasanya tertarik pada lawan jenis yang notabenenya acul juga. Karena menurut mereka pacar yang acul adalah pacar yang punya rasa empati dan tidak banyak menuntut.
14. Acul biasanya suka ngelawan balik kalo ditindas. Pernyataan ini beda banget sama kondisi anak cupu yang suka pasrah dan nangis kalo ditindas. HARGA DIRI ACUL SANGAT TINGGI MEEEN!
15. Merujuk pada pernyataan no 12, acul biasanya tidak tertarik dengan tokoh cowo idaman sedangkan anak cupu biasanya suka jatuh cinta diam2 dengan tokoh cowo idaman seperti anak basket, ketua osis/ketua bem, cowo ganteng kayak pangeran berkuda putih, dan cowo gaul (yang statusnya pacarnya cewe gaul yang suka ngebuli anak cupu).
16. Kalo acul lagi bareng-bareng temen-temen seperaculannya (awas jangan salah baca), biasanya mereka selalu merasa nyaman dan selalu mengungkapkan seluruh perasaan mereka. biasanya mereka selalu berkembang di lingkungan acul yang mereka buat dan mereka berencana untuk networking (buat nemuin para acul yang terdampar di lingkungan gaul).
17. Visi acul ke depannya adalah menjadi anak gaul modern tanpa berniat menggauli. mereka akan menjadi gaul bersama dengan para acul lainnya. dapat dilihat disini bahwa acul memiliki solidaritas yang tinggi. Kehidupan acul siklik.
GAUL-ACUL-GAUL-ACUL
jadi ketika seorang acul sudah berhasil menjadi gaul, dia akan kembali menjadi acul lagi. karena kehidupan itu dinamis (apeu banget dah).
18. Selain berniat untuk menjadi gaul, acul juga berniat untuk menyosialisasikan gaya hidup acul dengan cara networking (pernyataan no.14) ke lingkungan gaul. Niat mereka adalah untuk menjadikan gaya hidup acul menjadi gaya hidup yang lumrah dan tidak dipandang sebelah mata. BAHKAN, acul berniat untuk menjadikan gaya hidup acul sebagai trend gaya hidup.
NGGAK ACUL, NGGAL GAUL
NO ACUL, NO WORLD
Demikianlah tumblrist, sekian tulisan gue mengenai acul. Maafin gue kalo ada yang tersinggung. gue sendiri sebenarnya bukanlah seorang acul profesional, gue hanyalah pemula yang berusaha untuk menyosialisasikan acul (sesuai dengan pernyataan no.6). Oleh karena itu sekarang gue lagi sibuk-sibuknya networking buat nyari temen seperaculan. Rencananya gue berencana mo bikin IKACUL UI (Ikatan Anak Culun Universitas Indonesia). Tapi ke depannya semoga gue bisa bikin IKACUL se-Indonesia. Buat keanggotaannya ngga ada syarat, yang penting punya niat buat jadi acul (wajib) dan punya modal buat nraktir gue tiap minggu (yang ini mah sunah muakad).
HIDUP ANAK CULUN INDONESIA!
PEACE, LOVE, AND ACUL

Tidak ada komentar: